home / aktivitas / Oil And Gas Sector
Oil And Gas Sector
Saat ini Perseroan secara efektif memiliki partisipasi secara tidak langsung di anak-anak perusahaan MIM yang memiliki 2 Perusahaan pemegang Ijin Usaha Pertambangan, yaitu:

1. PT Mega Alam Sejahtera
2. PT Sarana Mandiri Utama


Dari dua Perusahaan tersebut, saat ini PT Mega Alam Sejahtera yang sudah berproduksi secara komersial. Perseroan menyetujui kerjasama operasi penambangan batubara antara PT MAS dengan PT Pacific Prima Coal (PT PPC) sebagai kontraktor tambangnya. PT MAS juga mengikat perjanjian jual-beli batubara yang dihasilkan dengan PT Bara Jaya Utama.


Sebagai informasi bahwa kualitas batubara yang dihasilkan PT MAS tergolong batubara dengan kalori rendah yang berkisar antara 4.800 – 5.100 Kcal/Kg (adb). Saat ini kerjasama tersebut telah membuahkan hasil dan membukukan pendapatan yang perdana dari penjualan batubara bagi Perseroan dalam tahun buku 2010. Di tahun 2012, Perseroan berharap pada PT MAS untuk meningkatkan jumlah produksi batubaranya hingga mencapai 150.000 Ton per bulan secara bertahap seiring penyelesaian prasarana dan sarana pendukung kegiatan penambangannya dan dengan faktor cuaca yang mendukung.


Selain PT Mega Alam Sejahtera, anak perusahaan lainnya yaitu PT Sarana Mandiri Utama telah melakukan kerjasama dengan pihak ke tiga untuk melakukan kegiatan penambangan di area Ijin Usaha Pertambangan (IUP) milik PT Sarana Mandiri Utama. Namun pada tahun 2011 PT Sarana Mandiri Utama belum dapat melakukan kegiatan produksi akibat adanya
kesulitan-kesulitan teknis di area IUP tersebut.Di awal tahun 2013, kegiatan persiapan penambangan di wilayah tambang PT SMU sudah dimulai dengan dibukanya lahan yang prospektif dan secara teknis mudah ditambang. Diharapkan pada triwulan pertama di tahun 2014 sudah ada pemasukkan dari penjualan batubara PT SMU.



Kualitas Batu Bara


Cadangan Batu Bara

*DEPOSIT BATUBARA (dalam jutaan metrik ton)